Masalah ini baru saja saya alami. Pertama saya dual boot dengan Linux. Awalnya sih ingin mengembalikan kernel linux yang ngga sengaja saya hapus semuanya. Setelah proses restore kernel linux selesai, PC saya reboot. eh Windows ngga dibaca di grub maupun di burg. Hati mulai gelisah dan untungnya ketemu caranya me-repair boot loader windows 7 :D . Cara ini melalui Command Promt :D

Cara :
1. Siapkan DVD Windows 7, yang bajakan juga bole :P
2. Silahkan Boot melalui DVD
3. Ikutin instruksi awal seperti biasa
4. Pilih Repair Your Computer
5. Pada proses pencarian Sistem Operasi, kita pilih Next
6. Lalu Pilih Command Promt
7. Setelah itu ketikkan perintah dibawah ini pada Command Promt:
DISKPART
DISKPART > List Disk
DISKPART > Select Disk 0
DISKPART > List Partition
DISKPART > Select Partition 1 (Dipilih angka 1, karena Partisi Windows saya berada pada Partisi no. 1)
DISKPART > Active
8. Restart Windows, dan keluarga DVD Windows anda
9. Setelah Restart, silahkan masuk ke Linux dahulu, disini saya menggunana Ubuntu <~ JIKA ANDA DUAL BOOT DENGAN LINUX
10. Masuk Terminal (Alt + Ctrl + T), ketikkan perintah di bawah ini :
sudo update-grub
atau
sudo update-burg (Jika pernah menginstall Burg)
11. Restart Ubuntu , dah Boot Loader Windows sudah terbaca di Grub / Burg

Leave a Reply

Entri Populer