kalau di winduws tools pembersih file sampah, cache, history, dll sangat banyak aplikasi yang bisa kita pakai. mulai dari TuneUp, CCleaner , bahkan AVG pun bisa dipakai untuk menganalisa registry yang bermasalah. namun lain halnya dengan linux terutama untuk distro Ubuntu dan Linux mint. hanya sedikit aplikasi yang dikembangkan. sebagai gambaran, Linux Mint yang saya pakai sekarang adalah Linux Mint 12 (lisa) namun sebelumnya saya pakai Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot).berikut tools pembersih file sampah yang saya tau pada linux ubuntu dan linux mint :

Computer Janitor ( Ubuntu )

tools ini biasanya sudah ada pada saat menginstall Ubuntu dan fungsinya adalah menghapus file package yang gak kepakai lagi. karena package inilah yang biasanya akan memakan banyak ruang hardisk. cara kerjanya gampang aja hanya mencentang package dan apply untuk meremove.



BleachBit

aplikasi ini terdapat pada Linux Mint dan cara kerjanya hampir sama dengan Ccleaner yaitu mencentang file yang ingin di analyse lalu dihapus jika ada sampahnya. cara installnya cukup gampang ( Linux Mint 12 ) yaitu :
  • Buka Software Manager lalu cari Bleachbit dan install.
  • Ni Tampilan Aplikasi nya




 Nah Satu lagi Ubuntu Tweak

kalau tools yang ini bisa dipakai di Ubuntu maupun di Linux Mint dan lebih handal menurutku. cara kerjanya pun sangat beragam dan mudah dipakai buat newbie. berikut cara installnya:

Ubuntu
  • Download aplikasinya http://ubuntu-tweak.com/ ( Atau bisa cari langsung di sofware manager )
  • lalu kalau dah selesai, double click pada file installer dan dengan otomatis akan masuk pada Ubuntu Software center kemudian install.
  •  cara lain dengan menggunakan Terminal untuk menginstall yaitu ketik :  sudo dpkg -i nama_file.deb
  • untuk menghapusnya bisa menggunakan Ubuntu Software Center maupun dengan mengetik di terminal : sudo dpkg -r nama_file.deb
 
Linux Mint
  • Download aplikasinya http://ubuntu-tweak.com/
  • buka aplikasi GDebi Package Installer yang sudah ada saat menginstall Linux Mint 12.
  • cara lain yaitu menggunakan terminal seperti pada cara install di ubuntu.

Ini contoh barang nya


Ukheeh, semoga berhasil gan...



Sumber

Homhai
http://bertotuwondila.wordpress.com/2012/01/11/cleaner-pada-ubuntu-linux-mint/





2 Responses so far.

  1. najir says:

    kereen gan, langsung anee cboo yach.....

  2. silahkan komandan, Semoga Sukses,, ;)

Leave a Reply

Entri Populer